Tupoksi

Halaman ini menjelaskan tentang Visi, Misi, dan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Aceh.

A. Gambaran Umum

Biro Administrasi Pembangunan yang berada dibawah Asisten Keistimewaan Aceh, Pembangunan dan Ekonomi, merupakan satu dari tujuh biro yang berada di bawah Sekretaris Daerah Aceh. Biro Administrasi Pembangunan terbagi dalam 4 (empat) bagian yang dipimpin oleh Pejabat Eselon III/a dan 12 (duabelas) sub bagian yang dipimpin oleh pejabat eselon IV/a. Secara keseluruhan struktur organisasi Biro Administrasi Pembangunan adalah :

1. Bagian Pembinaan Administrasi Pembangunan, terdiri dari:

a) Sub Bagian Tata Usaha Biro;
b) Sub Bagian Administrasi Pembangunan Provinsi;
c) Sub Bagian Administrasi Pembangunan Pembantuan dan Dekonsentrasi.

2. Bagian Administrasi Pembangunan Permukiman dan Infrastruktur, terdiri dari :

a) Sub Bagian Pembangunan Perumahan dan Permukiman;
b) Sub Bagian Pembangunan Sarana dan Prasarana;
c) Sub Bagian Pembangunan Pengairan.

3. Bagian Pembinaan Pembangunan Lintas Kabupaten/Kota, terdiri dari :

a) Sub Bagian Administrasi Pembangunan Kab/Kota;
b) Sub Bagian Pengendalian Pembangunan Lintas Kab/Kota;
c) Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan Pembangunan Kab/Kota.

4. Bagian Administrasi Tata Ruang, terdiri dari :

a) Sub Bagian Tata Ruang Provinsi;
b) Sub Bagian Tata Ruang Lintas Kab/Kota;
c) Sub Bagian Kawasan Tertentu.

B. Visi dan Misi

1. Visi

Makna dari kata Visi adalah gambaran masa depan yang ideal atau sesuatu yang ingin dicapai oleh suatu organisasi, lembaga atau unit kerja. Untuk mencapai tujuan setiap organisasi harus memberanikan diri dalam menentukan arah dan nilai-nilai positif.

Untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan pembinaan dan pengendalian tata ruang serta memberi pelayanan kepada masyarakat secara prima, maka Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Aceh menetapkan visinya yaitu Mewujudkan Pelayanan Prima serta Profesionalisme Pembinaan Bidang Administrasi Pembangunan dan Tata Ruang.

2. Misi

Misi adalah sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh instansi pemerintah, sebagai penjabaran dari Visi yang telah ditetapkan (Sudirman Cs, 2004). Melihat pernyataan tersebut, maka untuk mencapai Visi yang diinginkan dibutuhkan keseriusan para pelaksana untuk dapat memahami dan mengetahui keberadaan dan peran dalam organisasi dimaksud dalam penyelenggaraan pemerintahan negara.

Adapun misi dari Biro Administrasi Pembangunan Sekretriat Daerah Aceh adalah :

  1. Meningkatkan mutu program dengan melakukan pembinaan dan koordinasi perencanaan.
  2. Meningkatkan pembinaan, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi program.
  3. Meningkatkan pembinaan dan koordinasi tata ruang serta pengendalian pemanfaatan ruang.

C. Tugas Pokok dan Fungsi

Sesuai Pergub NAD tentang Rincian Tugas Pokok dan Fungsi Pemangku Jabatan Struktural di Lingkungan Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRA tahun 2008, tugas pokok dan fungsi Biro Administrasi Pembangunan adalah:

Pasal 82

Biro Administrasi pembangunan mempunyai tugas menyiapkan bahan pembinaan dan petunjuk teknis di bidang pembinaan administrasi pembangunan, pembangunan permukiman dan infrastruktur, pembangunan lintas kabupaten/kota dan tata ruang.

Pasal 83

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada Pasal 82, Biro Administrasi Pembangunan mempunyai fungsi:

  1. perumusan bahan pembinaan, petunjuk teknis dan koordinasi pembinaan administrasi pembangunan provinsi, pembantuan dan dekonsentrasi;
  2. perumusan bahan pembinaan, petunjuk teknis dan koordinasi pembangunan perumahan, permukiman dan infrastruktur;
  3. perumusan bahan pembinaan, petunjuk teknis dan koordinasi pembangunan kabupaten/kota, lintas kabupaten/kota, pengendalian, evaluasi dan pelaporan;
  4. perumusan bahan pembinaan, petunjuk teknis dan koordinasi penyusunan tata ruang provinsi, lintas kabupaten /kota dan kawasan tertentu; dan
  5. pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh SEKDA melalui Asisten Keistimewaan Aceh, Pembangunan dan Ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

2.549 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>