RTRW

Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) NAD-Nias telah menyusun rancangan Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Aceh (RTRWA) dan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten/Kota (RTRWK). Idealnya, penyusunan  dimulai dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota hingga tingkat detil di kecamatan. Namun, dalam penyusunan rencana tata ruang di Provinsi Aceh urutan kegiatan tersebut tidak dilakukan. BRR NAD-Nias menyusun rancangan RTRWA dan beberapa rancangan RTRWK secara bersamaan waktunya dan selesai pada tahun 2008.  Karena itu, RTRWK yang ada perlu dikritisi dan diperiksa kesesuaiannya dengan RTRWA.

Untuk memayungi RTRW yang ada, BAPPEDA Aceh bersama instansi terkait lainnya telah pula menyusun Rancangan Buku RTRW dan Rancangan Qanun RTRW Aceh. Diharapkan agar Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) segera mengesahkannya menjadi qanun (perda).

Yang tidak kalah penting adalah bahwa masyarakat harus mematuhi RTRW. Karena itu, naskah RTRW harus dipublikasikan secara luas sehingga masyarakat tahu kawasan mana yang boleh digunakan (kawasan budidaya) dan mana yang tidak boleh diganggu (kawasan lindung).

Berikut ini adalah rancangan RTRW yang didokumentasikan oleh Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh (lihat pula RDTR, RTRK dan RPD/Village Planning):

Catatan:

Umumnya file dipaketkan dalam format tar.gz atau zip. Bagi pengguna Windows, ekstrak file tersebut dengan 7-zip, IZarc, atau aplikasi sejenis lainnya. Sedang bagi pengguna Linux (misal, Ubuntu, Caxradonya, dsb.) klik kanan pada file, lalu pilih “Extract Here”. File dari AutoCAD (.dwg) dapat dibuka dengan AutoCAD,  Free DWG Viewer, atau VariCAD Viewer.

9 Responses to RTRW

  1. vredi says:

    izin pak admin..
    Kalo RPJM dan RPJP gk d post di Website ini ya..??
    kalo di post di website mana ya..?

    trims

    ++++++++++++

    Jawaban:
    RPJP Aceh dapat dilihat di website Bappeda Aceh.

  2. firdoes says:

    RTRW untuk nagan raya kok gak bisa di download????

    +++++

    Jawaban:
    RTRW Nagan Raya belum ada pada kami. InsyaAllah jika sudah ada, akan segera kami tampilkan.

    Terimakasih.
    Admin

  3. rudigete says:

    ga jadi pake yang brr . . . .??? mubazir ya. . .!!!

  4. Lukman says:

    Terimakasih banyak nich atas tersedianya beberapa RTRW nya walaupun ada beberapa yang tersedia yang beleum.Tapi setidaknya ada yang udah terkafer .. Thanks Very much nich atas semua dukungannya
    ada yang saya ingin tanyakan boleh?
    1. Kira2 apa masih terbuka kemungkinan daftar kabupaten yang belum tersedia akan selalu diperbarui?
    2. kalo memang benar demikian kira2 ada info lewat mana yach?

    ==================

    Jawaban:
    Siapa saja bisa menghubungi BAPPEDA Aceh/kab/kota untuk mendapat info terkini soal RTRW setempat.
    Terima kasih.

    -Admin

  5. rubby says:

    Data itu penting,harap maklum ketika kurang lengkap. Mahal lhooo untuk mendapatan data, apa lagi yang valid..nggak valid juga nggak masalah yang penting ada. Gitu to kebiasaan orang birokrasi.

  6. yushar kurniawan says:

    perencanaan yang baik dimulai dari data, terima kasih..

  7. wati says:

    Terima kasih sudah memposting informasi dan data RTRW, saya pikir ini salah satu cara untuk perencanaan kota secara partisipatif. Bagaimana masyarakat mau memberikan pendapat dan saran2 kalo mereka tidak pernah tau apa yang sedang direncanakan?? Perencana tidak boleh merasa yang paling tau apa kebutuhan masyarakat yang harus dibangun, masyarakat sendirilah yang paling tau akan kebutuhan mereka.

    Salam hangat dari Virginia Tech

  8. afriadi says:

    untung ada data yang ini ni..
    bisa lancar Tugas akhir saya..
    makasih byk..

  9. syauki abrar says:

    Nah, ini dia yang saya cari2. Makasih…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

2.549 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>